Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Audio dari Video YT yang ber-copyright

Sengaja aku menulis postingan ini untuk mencatat pemikiranku hari ini. Fenomena Youtube memang sangatlah fantastis situs video sharing ini sangatlah hebat karena selain Goole.com ... Youtube adalah situs berbagi video yang sangat fenomenal di dunia. Kita bisa mencari video apa saja disini bahkan kita juga bisa mengupload video sendiri dan bahkan bisa mendapatkan uang dari video yang kita upload.

Seringkali para uploader lokal / indonesia tidak mengetahui hukum copyright yang ada di US / Amerika. Negara seperti Amerika / Eropa sangatlah ketat dalam hal Copyright artinya kita tidak bisa seenak kita menggunakan lagu lagu terkenal para artis amerika yang digunakan sebagai background video kita, karena bila kita langgar pedoman komunitas YT maka YT akan tidak segan segan memberikan tanda pentungan atau "!" terhadap video kita, dan kalau kita masih nekat tidak menghapus video tersebut maka kemungkinan semua video kita tidak bisa di monetisasi (dijadikan uang) parahnya lagi bisa di banned oleh goole sehingga kita tidak akan bisa punya akun YT tersebut.

Solusinya dari hal di atas YT / Google adalah sebagai berikut :
1. Kita bisa memakaiYT Audio Library yang disediakan oleh YT  atau YT Audio Free Library
    setelah anda pilih audio yang sesuai atau pas dengan video anda silahkan unduh / download dan simpan  
     dalam HDD anda dan silahkan pakai sebagai musik BG dengan video editor anda (seperti Windows
     Movie Maker / Sony Vegas Pro / Adobe Premiere / Camtasia )
2. Bisa juga memakai video cover asal anda berikan credit (link) ke video musik yang anda ambil.
    Misalkan tulis seperti : Music : Everything I own-Bread (cover)   https://www.youtube.com
    /watch?v=EfxmgkH_5pY.   Maka anda bisa terlepas dari kasus copyright
3. Bisa juga anda ambil lagu Midi dan anda convert ke MP3 untuk dijadikan BG musik. Saran saya gunakan Virtual Synth dengan SoundFont yang lengkap (spt Wisarrut) agar keluaran suara MIDI menjadi bagus.
4. Kalau punya software DAW seperti BIAB (Band In The Box) / Mixcraft / FL Studio anda bisa membuat lagu sendiri dan dijadikan musik BG anda.

Untuk sementara hanya itu yang bisa saya sarankan untuk menghindari pentungan YT.

Keanehan Misteri Video YT anda bisa lihat pada video  The Best of Doris Day di link ini . Divideo tsb bisa keluar iklan adsense padahal sudah jelas artis tahun 60 ini sudah punya copyright. Sedang pada video musik yang penyanyinya ori pasti tidak akan keluar iklan krn adanya kontent 3rd party alias dimiliki yang punya. Dari kasus ini buat saya masih menjadi misteri tersendiri... mungkin pembaca bisa memberikan komentar mengenai misteri audio YT ini ?
 

Post a Comment for "Misteri Audio dari Video YT yang ber-copyright"